Sabtu, 05 Juli 2014

Boeing 737 NG




kali ini kita akan membahas tentang Boeing 737 The Next Generation. Sebelumnya apa sih maksud dari The Next Generation itu sendiri,ya jadi maksud dari kata-kata itu sendiri adalah generasi selanjutnya dan merupakan generasi terbaru dari varian Boeing 737 sebelumnya. Adapun Varian dari Boeing 737 NG( Next Generation) itu sendiri meliputi:
  1. Boeing 737-600
  2. Boeing 737-700
  3. Boeing 737-800
  4. Boeing 737-900 ER 
kelebihan dari Boeing 737 NG ini adalah daya jelajah yang dapat lebih jauh dari pada varian boeing pendahulunya, disamping itu hemat dalam bahan bakar, serta interior pesawat yang lebih mewah dan modern jika dibandingkan dengan jenis boeing sebelumnya, serta dilengkapi dengan engine yang lebih modern dan tingkat kebisingan yang rendah, seperti
  1. CFM 56-7B20 untuk jenis Boeing 737-600
  2. CFM 56-7B26 untuk jenis Boeing 737-700
  3. CFM 56-7B27 untuk jenis Boeing 737-800 dan Boeing 737-900 er.
serta interior cabin yang cukup modern daripada Boeing 737 sebelumnya, Untuk cabin yang terbarunya sudah dilengkapi dengan media hiburan, baik itu mendengarkan musik, akses internet, TV online, dll yang dipasang pada setiap kursi penumpang,

Gambar sebelah kiri merupakan model terbaru,           


sedangkan gambar kanan
merupakan cabin model lama.
Terlihat bahwa cabin yang terdapat pada Boeing 737 NG jarak antar kursi lebih lega bila di bandingkan dengan cabin model lamanya, ditambah lagi degan interior kursi yang modern bila pada Boeing 737 NG,
Boeing 737 NG First Class Cabin 

Boeing 737NG Economic Class Cabin

Interior Economic Cabin tidak kalah nyamannya dengan First Class, jarak antar kursi agak sedikit barjauhan sehingga penumpang lebih leluasa, dan dapat bergerak sebebas mungkin.

Tidak hanya interior cabin yang berbeda tetapi interior sayapnya pun berbeda, sayap pada Boeing 737 NG sudah dilengkapi dengan winglet. Pasti disini bertanya-tanya apa itu winglet ? Ya,,winglet merupakan lekukan di ujung sayap pesawat, apabila kalian yang sering melihat pesawat Boeing terdapat lekukan di ujung sayapnya itulah winglet. Winglet sudah tersedia di semua varian Boeing 737 NG. Kebanyakan orang beranggapan bahwa lekukan sayap / winglet hanyalah variasi pada sayap pesawat saja, namun bukanlah seperti itu melainkan winglet mempunyai fungsi yang sangat penting, nah ,,fungsi dari winglet itu sendiri adalah untuk mengatasi Vorteks atau gulungan udara di sayap yang menghambat laju terbang pesawat. Dengan adanya winglet, otomatis pesawat akan melaju tanpa hambatan yang membuat mesin tidak terlalu keras bekerja untuk menstabilkan. Dalam hal ini jika engine/mesin tidak terlalu keras bekerja dapat menghemat pemakaian Avtur atau bahan bakar.
merupakan salah satu winglet di ujung sayap pesawat.

winglet tidak hanya diterapkan pada Boeing 737 NG series saja namun di terapkan pada Boeing seri lama, contohnya Boeing 737-500 versi pendahulu Boeing 737 NG sudah diterapkan winglet.

 
  1. Gambar sebelah kiri Boeing 737-500 non winglet
  2. Gambar sebelah kanan Boeing 747-500 winglet                                          

Boeing 737-800 NG dan interior winglet


  1. Boeing 737-600 : Boeing 737-600 merupakan Varian 737NG paling pendek. Boeing 737-600 dikembangkan dari Boeing 737-500. Pengguna pertama dari varian ini adalah Scandinavian Airlines Boeing 737-600 merupakan satu-satunya boeing 737 masih diproduksi yang tidak dipasang winglet. Pesaing utama dari Pesawat ini adalah Airbus A318, Embraer 195, Sukhoi Superjet 100 dan Bombardier CSeries.
  2.  Boeing 737-700 : Boeing 737-700 merupakan varian 737NG Paling pertama diproduksi. Varian ini dikembangkan dari 737-300. Pengguna pertama dari Varian Ini adalah Southwest Airlines. Adapun varian B737-700 lainnya yaitu 737-700C dan 737-700ER. 737-700C merupakan varias 737-700 yang dapat ditukar Dari pesawat Penumpang menjadi Pesawat Kargo, sedangkan 737-700ER merupakan Varian 737-700 yang memiliki jarak tempuh maksimal yang lebih tinggi yaitu 5510NM (10.200KM).
  3. Boeing 737-800 : 737-800 merupakan Varian 737NG yang paling populer dan paling sukses. Pengguna pertama varian ini adalah Hapag-Llyod Flug (Sekarang TUIFly).737-800 merupakan pengganti dari Boeing 727-200.
  4. Boeing 737-900 ER  : Boeing 737-900ER merupakan Boeing 737-900 yang dikembangkan dan ditambah jarak tempuhnya. Pengguna pertama dari Pesawat ini adalah Lion Air dengan order 178 pesawat. 737-900ER pertama diterimaoleh Lion Air pada tahun 2007. 
Jangkauan Jelajah
Berikut beberapa kemampuan daya jelajah di Boeing 737 Next Genaration
  • 3.050 mil laut (5.650 km) (600)
  • 3.365 mil laut (6.230 km) (700)
  • 5.775 mil laut (10.695 km) (700ER)
  • 3.060 mil laut (5.665 km) (800)
  • 2.745 mil laut (5.080 km) (900)
  • 3.200 mil laut (5.925 km) (900ER)
Panjang Body 
Berikut panjang body pesawat Boeing 737 Next Genaration

  • 31,2 m (102,5 kaki) (600)
  • 33,6 m (110,4 kaki) (700,700ER)
  • 39,5 m (129,5 kaki) (800)
  • 42,1 m (138,2 kaki) (900,900ER)
Tinggi Ekor 
Macam - macam tinggi ekor Boeing 737 Next Genaration

  • 12,6 m (41,3 kaki) (600)
  • 12,5 m (41,2 kaki) (700, 800, 900)
Berat Maximum saat lepas landas
Berikut beberapa ketentuan berat maximum saat pesawat dalam proses take off

  • 65.090 kg (143.500 lb) (600)
  • 79.010 kg (174.200 lb) (700, 800, 900)
Kapasitas Penumpang
Berikut beberapa kapasitas penumpang di Boeing 737 NG

  • 108 hingga 130 penumpang (600)
  • 128 hingga 148 penumpang (700)
  • 160 hingga 189 penumpang (800)
  • 174 hingga 215 penumpang (900ER)


0 komentar:

Posting Komentar